Breaking News
recent

LOMBA SISWA MENULIS SURAT KEPADA MENDIKBUD SEPUTAR UJIAN NASIONAL


Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan setiap tahun, selalu menuai pro dan kontra. Meski Kemdikbud telah melakukan upaya pencegahan agar UN tidak bocor dengan menambah varian soal hingga 20 paket dan menggunakan barcode, tetap saja di kalangan siswa bisa beredar kunci jawaban. Akibatnya, pelaksanaan UN yang jujur dan berprestasi sulit untuk diwujudkan.

Untuk mendapatkan gambaran utuh pelaksanaan UN secara faktual, dan sekaligus melatih kemampuan analisis dan literasi di kalangan siswa, Ikatan Guru Indonesia (IGI) menyelenggarakan "Lomba Siswa Menulis Surat Kepada Mendikbud Seputar Ujian Nasional". Harapannya, kita akan mendapatkan informasi akurat tentang pelaksanaan UN di lapangan yang bersumber dari pelakunya. Juga bisa mendengarkan masukan langsung dari siswa tentang substansi dan pelaksanaan Ujian Nasional untuk perbaikan di masa yang akan datang.

Syarat dan ketentuan lomba:

1. Lomba ini terbuka bagi pelajar SMA/MA/SMK (termasuk yang berada di luar negeri), dan/atau lulusan SMA/MA/ SMK tahun 2013 dan 2012, dibuktikan dengan scan KTP/kartu pelajar/kartu mahasiswa. Setiap peserta dapat mengirimkan lebih dari satu naskah.
2. Isi naskah sesuai dengan tema yaitu seputar Ujian Nasional, bisa mengenai konsep dasar UN & US, pelaksanaan UN & US maupun manfaat dan dampak yang ditimbulkan oleh UN & US.
3. Pendaftaran dilakukan bersamaan dengan pengiriman naskah surat dan dikirim ke email: info@igi.or.id
4. Naskah dilampirkan dalam bentuk file doc dan tidak ada identitas peserta di dalamnya. Dilampirkan juga sebuah file doc berisi identitas diri peserta (nama, tanggal lahir, alamat rumah, sekolah sekarang (atau sekolah sebelumnya bila telah lulus tahun lalu), alamat sekolah, nomor telpon/HP yang dapat dihubungi, nomor telpon sekolah.
5. Format penulisan naskah:
- Ukuran kertas A4
- Spasi 1,5
- Font: Times New Roman, size 12
- Margin: atas 3 cm, bawah 3 cm, kanan 3 cm, kiri 4 cm
6. Waktu pelaksanaan lomba:
Dimulai sejak pengumuman ini disebarkan, Kamis 1 Mei 2014, hingga Kamis 24 Mei 2014
7. Kriteria penilaian mencakup:
a) sudut pandang dan analisis masalah
b) kekuatan membangun argumentasi
c) kefasihan dan tata bahasa
d) kekuatan dan kelayakan solusi yang ditawarkan.
Naskah calon pemenang akan dimintakan surat keterangan keaslian dari sekolah asal dan dari orang tua peserta.
8. Tim juri lomba terdiri dari: guru, pengamat pendidikan, dan editor. Dewan juri ditetapkan oleh Pengurus IGI.
9. Akan dipilih 3 surat nominator. Ketiga naskah nominator tersebut akan dipublikasikan secara terbuka di akun Grup Facebook IGI. Penulis naskah yang terpilih diijinkan mempromosikan tulisan untuk mendapatkan like dan share sebanyak-banyaknya dalam masa 7 (tujuh) hari sejak nominasi diumumkan. Pemenang akan ditentukan berdasar perolehan dukungan (like) terbanyak.
10. Semua naskah surat yang masuk akan menjadi milik panitia. Akan dipilih 15 naskah surat terbaik untuk dibukukan. Semua peserta yang telah mengirimkan naskah sesuai ketentuan akan mendapatkan piagam keikutsertaan lomba.
11. Hadiah untuk pemenang:
- Pemenang 1: tablet android 8' + piagam
- Pemenang 2: tablet android 7' + piagam
- Pemenang 3: tablet android 7' + piagam
- 15 naskah yang terpilih untuk dibukukan akan mendapatkan hadiah hiburan
12 Untuk informasi dan ketentuan lain yang lebih jelas, silakan hubungi email: info@igi.or.id
13. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan mengikat serta tidak dapat diganggu gugat
.
Sekretariat Panitia:Ikatan Guru Indonesia (IGI)
Jl. Belibis III no. 11 Kramatjati, Jakarta Timur
Email: info@igi.or.id 

No comments:

Post a Comment

Bagi para pengunjung web ini, diharapkan untuk memberikan komentar, kritik atau saran demi semakin baiknya kualitas web yang dikelola admin. Jika ada yang berniat untuk mengkopi artikel harap menuliskan sumbernya, berupa URL artikel yang dicopy. Jika ada yang ingin artikelnya ditampilkan di web ini harap mengirimkan ke orangelifes@gmail.com.

Powered by Blogger.