Breaking News
recent

Menghindari Plagiasi

Mungkinkah plagiasi bisa kita hindari ? Sebenarnya plagiasi dapat kita hindari dalam membuat karya tulis, caranya adalah dengan membuat sitasi atau kutipan. Dalam membuat sebuah karya tulis kadang kala kita membutuhkan pendapat atau teori orang lain, tujuannya  adalah untuk menguatkan pendapat yang kita miliki, dan salah satu caranya adalah dengan mengutip pendapat orang lain. Mengutip adalah proses pengambilan gagasan orang lain yang berasal dari buku, jurnal, majalah, surat kabar, ensiklopedia, website, mapun tayangan televisi dan lain-lain. Menurut M. Hariwijaya dan Triton P. B. ada beberapa teknik pengutipan yang sesuai standar ilmiah, diantaranya

Pertama, Usahakan mengutip sehemat-hematnya. Dalam membuat suatu karya jangan sampai terlalu banyak kutipan karena hal ini akan membuat penulisnya terlihat kurang mampu dalam mengembangkan ide-ide yang dimilikinya.



Kedua, Usahakan mengutip jika sangat diperlukan. Dalam mengambil pendapat orang lain kita dapat menggunakan kata-kata kita sendiri tanpa mengambil mentah-mentah ataiu apa adanya, yaitu dengan paraphrasing. Paraphrasing adalah mengutip sebuah ide, pendapat atau kata-katanya dengan menggunakan kata-kata, bahasa dan pikiran kita sendiri. Namun, jika kita belum bisa melakukan paraphrasing, maka disarankan untuk mengutip apa adanya karena dikhawatirkan akan mengurangi inti atau pendapat tersebut.

Ketiga, Kutipan yang terlalu banyak akan menggangu bahasa tulisan. Kutipan yang terlalu banyak akan membuat sebuah tulisan terasa kaku, tidak enak dibaca, apalagi jika yang membacanya adalah orang yang berkompeten. Adakalanya kutipan yang banyak juga tidak bisa disalahkan, misalnya dalam penelitian dugaan plagiasi. Dalam karangan seperti ini, terdapat banyak sekali kutipan yang jumlahnya mencapai ratusan halaman. Hal ini tidak mungkin penulis hindari karena penelitian ini terkait dengan masalah dugaan tindakan plagiasi, dan tindakan plagiasi akan lebih mudah diketahui jika melakukan perbandingan dua buah tulisan yang diduga sama. Ibaratnya kita membandingkan dua orang yang kembar, kita akan lebih mudah mengetahui persamaan dan perbedaan 2 orang kembar tersebut. Begitu pula dengan plagiasi, akan lebih mudah jika keduanya dibandingkan.

Ada dua macam jenis kutipan, yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.  Dalam beberapa kasus kutipan langsung tidak bisa dihindari oleh seorang penulis, misalnya
  1. Mengutip landasan pikiran yang sudah dinyatakan dalam kata-kata yang pasti.
  2. Mengutip pernyataan ilmiah yang apabila dinyatakan dalam bentuk lain akan menghilangkan maknanya
  3. Mengutip model matematika atau rumus-rumus
  4. Mengutip peraturan hukum (undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan mentri, peraturan daerah, peraturan sekolah dan lain-lain), surat  keputusan, surat perintah
  5. Mengutip peribahasa, sajak, puisi, kata-kata mutiara karya drama dan lain-lain.

Untuk membuat sebuah kutipan tidaklah begitu sulit. Untuk kutipan langsung yang kurang dari empat baris adalah dengan memberi tanda petik diantara kalimat yang dikutip, dan jika ada bagian yang yang dihilangkan, maka diberi tanda tiga titik. Sedangkan untuk kutipan langsung yang lebih dari empat baris, maka harus diberi tempat tersendiri, agak menjorok kedalam dan diketik dengan satu spasi. Sedangkan untuk kutipan tidak langsung cara penulisannya adalah dengan memasukkannya kedalam kalimat.

Referensi :
Artikel 2 versi PDF  : Mencegah Plagiarisme Akademik,  Oleh: Andreas Lako, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata, Semarang diakses tanggal 30 April 2014
Djumhana, Muhammad dan R. Djubaedillah. 2003. Hak Milik Intelektual, sejarah, teori, dan prakteknya di Indonesia. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Majelis Profesor Riset, Kode Etika Peneliti, LIPI Press, 2007
Triton P.B dan M. Hariwijaya. 2007. Pedoman Penulisan Ilmiah Proposal & Skripsi. Yogyakarta. : Tugu Publisher
https://s3.amazonaws.com/contenthub-static/blog/wp-content/uploads/2015/02/plagiarism.jpg

No comments:

Post a Comment

Bagi para pengunjung web ini, diharapkan untuk memberikan komentar, kritik atau saran demi semakin baiknya kualitas web yang dikelola admin. Jika ada yang berniat untuk mengkopi artikel harap menuliskan sumbernya, berupa URL artikel yang dicopy. Jika ada yang ingin artikelnya ditampilkan di web ini harap mengirimkan ke orangelifes@gmail.com.

Powered by Blogger.