Breaking News
recent

Dengan Bismillah Bisa Lulus Kuliah

Dapat bersekolah merupakan dambaan bagi sebagian besar orang, apalagi dapat melanjutkan hingga ke perguruan tinggi karena tidak semua orang dapat kuliah dengan mudah, hal ini dikarenakan biaya untuk kuliah bisa dikatakan banyak, terlebih jika biaya hidup harus mencari sendiri, tentu akan lebih sulit untuk melanjutkan hingga perguruan tinggi.

Masalah seperti di atas tentunya tidak mengganggu pikiran anak yang terlahir dengan kelebihan materi dan mendapat dukungan untuk terus mencari ilmu. Namun, bagi orang-orang seperti penulis, biaya kuliah adalah masalah utama pada waktu itu.

Dulu ketika penulis ingin bersekolah ada banyak ganjalan, mulai dari biaya hingga tidak mendapatkan  restu dari orang tua. Berbagai alasan dikemukakan oleh orang tua untuk melarang penulis bersekolah, pada akhirnya penulis mampu melunakkan hati orang tua dengan kalimat “Saya akan sekolah sambil bekerja”. Kalimat ini enak sekali dikatakan, namun setelah penulis jalani ternyata sangat berat, penulis harus bekerja apa saja agar terus mendapatkan uang, mulai membuat kandang ayam, jadi pesuruh ditoko, hingga tukang panjat kelapa dan kluwih. Semua pekerjaan itu penulis lakukan karena lebih baik dari pada meminta-minta atau menggantungkan hidup pada orang lain, seperti yang Rosululloh sabdakan

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَأَنْ يَغْدُوَ أَحَدُكُمْ فَيَحْطِبَ عَلَى ظَهْرِهِ فَيَتَصَدَّقَ بِهِ وَيَسْتَغْنِيَ بِهِ مِنْ النَّاسِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ رَجُلًا أَعْطَاهُ أَوْ مَنَعَهُ ذَلِكَ فَإِنَّ الْيَدَ الْعُلْيَا أَفْضَلُ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُ

Abu Hurairah radhiyallohu ‘anhu, dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Hendaklah di antara kamu di pagi hari berusaha dan pulang dengan membawa kayu bakar di pundaknya, lalu bersedekah dari hasilnya dan tidak meminta kepada orang lain. Semua itu lebih baik baginya daripada meminta kepada seseorang, baik diberi atau tidak. Sesungguhnya tangan yang di atas lebih mulia dari tangan yang di bawah, dan mulailah dari mereka yang menjadi tanggunganmu'" (HR. Muslim)

Nube Warrior Affiliate Amazon Video Course Series 728x90

Sering kali penulis harus menahan rasa ingin jajan seperti teman-teman yang lainnya, jika penulis menghabiskan uang untuk jajan pastinya biaya untuk sekolah tidak akan ada alias tidak dapat sekolah. Dan yang lebih berat adalah ketika tidak ada waktu istirahat, pagi sekolah hingga jam 1 siang dan jam 2 harus memulai kerja hingga jam 5 sore, setelah manghrib belajar sebentar dan setelah ‘isya mulai kerja lembur hingga jam 10 atau jam 12 malam, rutinitas seperti ini terjadi setiap hari dan tiada hari libur. Dan juga ketika akan ujian, disaat teman yang lainnya mempersiapkan buku untuk ujian, maka penulis harus menyiapkan biaya untuk ujian. Hal ini terjadi hingga bangku SMA. Hahhhh . . . . . . bikin otak semakin miring.

Setelah bertahun-tahun menjalani kehidupan seperti ini, akhirnya penulis bisa lulus sekolah SMA dan melanjutkan kuliah. Masuk bangku kuliah ternyata masalah yang dihadapi semakin banyak, termasuk masalah biaya hingga dicemooh tetangga. Ketika penulis berangkat kuliah, sering kali mendapatkan cibiran dari beberapa tetangga karena pada waktu itu penulis tidak punya apa-apa, bahkan untuk kendaraan kuliah pun penulis hanya memakai sepeda balap, yang pada waktu itu penulis beli dengan harga 1,4 juta, dan jarak antara rumah dengan kampus kurang lebih 25 KM, sehingga bisa dibayangkan betapa sulitnya untuk kuliah, terutama bagi orang yang tidak mampu seperti penulis. Yang harus ditanamkan dalam benak kita adalah bahwa Alloh pasti memberi jalan untuk para hamba-Nya yang menuntut ilmu, jika kita punya kemampuan dan mau berusaha, walaupun hanya dengan bismilah, pasti kita dapat kuliah karena Alloh tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya.

No comments:

Post a Comment

Bagi para pengunjung web ini, diharapkan untuk memberikan komentar, kritik atau saran demi semakin baiknya kualitas web yang dikelola admin. Jika ada yang berniat untuk mengkopi artikel harap menuliskan sumbernya, berupa URL artikel yang dicopy. Jika ada yang ingin artikelnya ditampilkan di web ini harap mengirimkan ke orangelifes@gmail.com.

Powered by Blogger.