Breaking News
recent

Terus Bekerja Di Usia Senja


Bekerja adalah kewajiban setiap manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan bekerja seseorang akan mendapatkan uang dan uang tersebut bisa digunakan untuk sandang dan pangan. Tak usah memikirkan berapa banyak yang kita hasilkan, yang penting adalah halalnya uang yang kita peroleh, walaupun harus menjadi pencari kayu bakar, yang nota bene dianggap hina oleh sebagian masyarakat, dan begitu juga yang dilakukan oleh Mbah Lasinah dengan terus bekerja di usianya yang sudah tua.
Siapa Mbah Lasinah ?
Mbah Lasinah (mbah adalah sebutan untuk orang yang sudah tua) adalah salah satu nenek tua yang pekerjaannya adalah berjualan kelapa. Beliau tinggal di Desa Dawung, kecamatan Ringinrejo, Kediri. Beliau sering membawa kelapa untuk dijajakan kepada masyarakat sekitar, dan kelapa tersebut dibawa dengan sepeda tuanya. Jika barang  dagangannya tidak habis, maka beliau menjualnya ke Pasar Cangkring, wilayah Blitar paling utara atau perbatasan Kediri-Blitar. Kadang jika melihat beliau merasa kasihan, karena orang setua beliau yang masih harus bekerja, dan beberapa waktu yang lalu kakinya terdapat luka dan jalannya sampai pincang, luka tersebut pun hanya dibalut dengan kaos kaki. Sedangkan barang dagangannya tetap dijajakan dengan menuntun sepeda tuanya hingga Pasar Cangkring.
Yang lebih mengherankan adalah banyak orang kaya yang penghasilannya jutaan bahkan puluhan juta tidak peduli dengan kehidupannya, entah mereka tidak tahu atau tidak mau  tahu. Hanya sedikit orang yang peduli dengannya, mereka memberikan sedikit bantuan jika ada rizki yang lebih, mungkin tak banyak tapi setidak-tidaknya dapat digunakan untuk mengurangi kebutuhan hidupnya.
Tinjauan Dalam Agama
Dalam islam, bekerja adalah suatu keharusan karena biarpun sedikit, tapi jika berasal dari hasil keringat sendiri akan jauh lebih berharga dari pada emas permata. Tak peduli apapun pekerjaannya, bahkan uang hasil mencari kayu bakar pun lebih berharga dihadapan Alloh. Rosululloh bersabda
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَأَنْ يَغْدُوَ أَحَدُكُمْ فَيَحْطِبَ عَلَى ظَهْرِهِ فَيَتَصَدَّقَ بِهِ وَيَسْتَغْنِيَ بِهِ مِنْ النَّاسِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ رَجُلًا أَعْطَاهُ أَوْ مَنَعَهُ ذَلِكَ فَإِنَّ الْيَدَ الْعُلْيَا أَفْضَلُ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُ
Abu Hurairah radhiyallohu ‘anhu, dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Hendaklah di antara kamu di pagi hari berusaha dan pulang dengan membawa kayu bakar di pundaknya, lalu bersedekah dari hasilnya dan tidak meminta kepada orang lain. Semua itu lebih baik baginya daripada meminta kepada seseorang, baik diberi atau tidak. Sesungguhnya tangan yang di atas lebih mulia dari tangan yang di bawah, dan mulailah dari mereka yang menjadi tanggunganmu'" (HR. Muslim)
Sayangnya, banyak manusia yang silau hanya karena harta, pangkat dan martabat. Mereka lebih menghormati pejabat, dari pada orang yang melarat yang senantiasa menjaga kehormatannya, walaupun pejabat tersebut sudah terbukti sebagai orang yang sering ketahuan melakukan tindakan korupsi.
Karena Meminta-Minta Kita  Jadi Hina
Islam telah melarang perbuatan meminta-minta, perbuatan tersebut dianggap hina dalam agama, bahkan orang yang meminta-minta akan menemui Alloh dalam keadaan tidak mempunyai muka. Rosululloh bersabda
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بنْ عمر أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَزَالُ الْمَسْأَلَةُ بِأَحَدِكُمْ حَتَّى يَلْقَى اللَّهَ وَلَيْسَ فِي وَجْهِهِ مُزْعَةُ لَحْمٍ
Dari Abdullah bin Umar radhiyallohu ‘anhu, dia berkata, "Rasulullah bersabda, 'Tidaklah seseorang yang selalu meminta-minta, kecuali ia akan bertemu dengan Allah dengan muka yang tak berdaging?" (HR. Muslim)
Lihatlah betapa buruknya meminta-minta, semoga kita dijadikan sebagai orang yang ridho terhadap keputusan Alloh, jika memang miskin semoga dengan kemiskinan ini kita menjadi orang yang sabar dengan kemiskinan dan terlebih dahuluu masuk surga, dan jika kita memang kaya, semoga dengan kekayaan itu kita dapat menggunakannya untuk kepentingan agama. Terus bekerja hingga usia senja.

No comments:

Post a Comment

Bagi para pengunjung web ini, diharapkan untuk memberikan komentar, kritik atau saran demi semakin baiknya kualitas web yang dikelola admin. Jika ada yang berniat untuk mengkopi artikel harap menuliskan sumbernya, berupa URL artikel yang dicopy. Jika ada yang ingin artikelnya ditampilkan di web ini harap mengirimkan ke orangelifes@gmail.com.

Powered by Blogger.