Breaking News
recent

Ide Dan Pengalaman Pribadi


Werner Heisenberg mengatakan “Ilmu ……… didasarkan pada pengalaman pribadi, atau pada pengalaman orang lain, yang dilaporkan dengan cara yang dapat dipercaya.” Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar karya-karya yang terkenal atau tercipta merupakan pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain, yang selanjutnya diramu menjadi sebuah karya yang menarik.
Anda tentunya tidak asing dengan John Gray, saya buku best seller “Men are from Mars, and Women are from Venus”, buku tersebut merupakan pengalaman pribadi dari John Gray dan istrinya yang bernama Bonnie, saat kelahiran Lauren. Hal ini seperti yang ditulis John Gray dalam pendahuluan bukunya
Dalam hubungan-hubungan saya yang terdahulu, saya bersikap tidak peduli dan tidak menyayangi pada saat-saat sulit, karena saya tidak tahu apa lagi yang harus saya lakukan. Akibatnya, perkawinan pertama saya sulit dan menyakitkan. Peristiwa dengan Bonie mengungkapkan pada saya bagaimana saya dapat mengubah pola ini.
Peristiwa itu mengilhami tujuh tahun penelitian saya dalam menyusun dan memperbaiki wawasan-wawasan mengenai kaum pria dan wanita. Dengan mempelajari secara amat praktis dan dengan istilah-istilah yang jelas mengenai perbedaan kaum pria dan wanita, tiba-tiba saya mulai menyadari bahwa pernikahan bukanlah suatu perjuangan bersyarat. Dengan kesadaran baru mengenai perbedaan-perbedaan ini, Bonnie dan saya dapat memperbaiki komunikasi kami secara dramatis dan kami bisa lebih banyak saling menikmati.
Dengan terus menyendiri dan menjelajah perbedaan-perbedaan kami, kami menemukan cara-cara baru untuk memperbaiki setiap hubungan kami. Kami mempelajarinya dengan cara-cara yang belum pernah diketahui oleh orang tua kami, hingga tak mungkin diajarkan pada kami. Ketika saya mulai membagikan pemahaman-pemahaman ini dengan para klien bimbingan saya, hubungan-hubungan mereka pun jadi diperkaya. Secara harfiah ribuan orang yang telah menghadiri seminar-seminar akhir pekan saya mengalami perubahan dramatis dalam hubungan-hubungan mereka, dalam waktu singkat.
Tujuh tahun kemudian, pribadi-pribadi dan pasangan-pasangan masih melaporkan manfaat-manfaat yang mereka petik. Saya menerima foto-foto pasangan yang berbahagia berikut anak-anak mereka, dengan surat-surat ucapan terima kasih kepada saya karena telah menyelamatkan perkawinan mereka. Sebenarnya cinta merekalah yang menyelamatkan perkawinan itu, tapi tentunya mereka sudah akan bercerai seandainya tidak memperoleh pemahaman lebih mendalam tentang lawan jenisnya.[1]
Berkat ketelitian dan usahanya yang keras dalam mengolah pengalaman pribadi, John Gray mampu menjadi orang yang terkenal dan menjadi ahli dalam bidang hubungan pria dan wanita. Kita semua juga mampu melakukan hal yang sama, kita mampu menjadi orang yang berguna bagi orang lain.
Sedikit cerita, seperti yang telah saya katakan di depan, bahwa sebagian besar karya yang tercipta merupakan pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain yang telah diolah, seperti “Broken Wings” karya Kahlil Gibran, yang sempat mendapat julukan “The Prophet of Libanon”. Cerita dalam novel tersebut konon merupakan pengalaman pribadi Kahlil Gibran dengan kekasihnya, Salma. Dan perlu anda ketahui, buku yang sedang anda baca ini juga merupakan pengalaman pribadi dari saya. Pengalaman ini berasal dari masa kecil saya hingga dewasa. Pengalaman waktu sekolah dan kuliah, pengalaman waktu diajar maupun saat mengajar, dan juga waktu di lingkungan masyarakat. Semua saya gabung dengan ilmu pengetahuan yang ada sekarang ini, sehingga tersusunlah buku sederhana ini.
Bukan masalah kita punya pengalaman yang baik atau buruk, semua bisa mendatangkan manfaat bagi kita maupun orang lain. Pengalaman yang baik bisa membuat hidup orang lebih mudah, sedangkan yang buruk bisa dijadikan pelajaran bagi orang lain agar tidak melakukan hal yang sama. kita adalah manusia biasa, kita tidak mungkin bisa sempurna, namun kita bisa mengisi kekurangan diri kita dengan pengalaman orang lain. Jangan takut untuk berbagi pengalaman, karena siapa tahu, pengalaman yang kita anggap biasa merupakan hal yang berharga bagi orang lain. Buang semua keraguan dan ekspresikan segala pengalaman anda dalam bentuk yang anda suka.
Sumber Referensi
John Gray. Men are from Mars, Women are fro Venus. Jakaa: Gramedia. 2007
http://www.gramediapustakautama.com/uploads/dirimg_buku/re_buku_picture_75784.jpg


[1] John Gray. Men are from Mars, Women are fro Venus. Jakaa: Gramedia. 2007. hal XV

No comments:

Post a Comment

Bagi para pengunjung web ini, diharapkan untuk memberikan komentar, kritik atau saran demi semakin baiknya kualitas web yang dikelola admin. Jika ada yang berniat untuk mengkopi artikel harap menuliskan sumbernya, berupa URL artikel yang dicopy. Jika ada yang ingin artikelnya ditampilkan di web ini harap mengirimkan ke orangelifes@gmail.com.

Powered by Blogger.