Breaking News
recent

Keunikan Masjid Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk beragama islam terbanyak di dunia, tak mengherankan jika Indonesia memiliki bentuk masjid yang unik, dan tiap daerah mempunyai ciri khas yang berbeda, yang menjadikan indonesia semakin kaya dengan kebudayaannya. Selain itu, jumlah jamaah haji Indonesia juga termasuk banyak hingga para jamaah yang mendaftar harus menunggu sampai beberapa tahun agar bisa melaksanakan ibadah ke tanah suci.
Berpaling dari itu semua, mungkin teman-teman juga mempunyai pengalaman yang sama dengan saya, ada pemandangan yang aneh yang ada dimasjid. Pertama, ada banyak masjid yang selama ini saya jumpai tergolong sangat kotor, kadang mukna yang disediakan sampai coklat dan sudah jamuran, serta kamar mandi yang sangat jauh dari layak bak mandinya jarang dikuras dan sampai ada jentik2 nyamuk yang banyak. Padahal kebanyakan orang islam sering mendengungkan “kebersihan merupakan sebagian dari iman”, namun jika melihat masjid-masjid tentu kita menjadi bertanya-tanya dimana bentuk nyata dari hadis yang mereka bacakan ?. Kedua, banyak masjid yang tertutup oleh pagar besi. Maksud saya begini, ada beberapa masjid yang ketika malam pagarnya ditutup rapat dengan menggunakan gembok dan dikunci, lantas bagaimana para musafir bisa sholat dengan tenang jika sholat diserambi masjid saja tidak bisa ?. dan buang air saja juga tidak bisa karena kamar mandi dan WC-nya juga digembok, walhasil saya hanya bisa berucap TUHAN . . . .  SAYA INGIN KENCING. Ketiga, rawan maling, bukan rahasia lagi bahwa dimasjid merupakan tempat rawan maling, bukan maling besar, namun maling sandal. Hal sepele sih, namun ketika sandal hilang dan masih dalam perjalanan kita bisa menjadi bingung juga apalagi jika siang hari, bisa menambah suasana menjadi lebih panas. Pengalaman saya sendiri,  saya sering kehilangan sandal ketika berada di Masjid Agung Kediri, dan pernah juga kehilangan sepatu dimasjid As-Sofwan, masjid sebelah STAIN Kediri, setelah kuliah. Untunglah jam kuliah telah habis, jika masih ada bisa didamprat dosen.

No comments:

Post a Comment

Bagi para pengunjung web ini, diharapkan untuk memberikan komentar, kritik atau saran demi semakin baiknya kualitas web yang dikelola admin. Jika ada yang berniat untuk mengkopi artikel harap menuliskan sumbernya, berupa URL artikel yang dicopy. Jika ada yang ingin artikelnya ditampilkan di web ini harap mengirimkan ke orangelifes@gmail.com.

Powered by Blogger.