Breaking News
recent

Perbedaan Plagiasi dan Pelanggaran Hak Cipta

Plagiasi dan pelanggaran hak cipta pada dasarnya merupakan dua hal yang berbeda. Yang menjadi pokok perbedaannya adalah aspek etika dan aspek hukum. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Plagiat Di Perguruan Tinggi, “Plagiat adalah perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalarn rnemperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai”.

Pelanggaran hak cipta lebih ditekankan kepada aspek hukum. Seseorang dikatakan melanggar hak cipta atau tidak tergantung apakah seseorang mempunyai izin dari pencipta (pemegang) hak cipta atau tidak. Jika seseorang telah memiliki izin dari pemegang hak cipta, maka secara otomatis tidak ada pelanggaran hak cipta dan begitu juga sebaliknya. Namun jika tidak menyebutkan penciptanya tetap dianggap sebagai plagiasi. Sedangkan plagiasi, jika seseorang melakukan pengutipan suatu karya cipta tanpa menyebutkan sumber aslinya, maka dikatakan telah melakukan plagiasi, walaupun secara hukum tidak ada tuntutan dari pemegang hak cipta dari ciptaan tersebut. Hal inilah yang menjadi pokok perbedaan keduanya. Namun demikian kita harus menghargai karya orang lain jangan karena tidak akan ketahuan kita melakukan plagiasi dengan seenaknya. 

Reference :
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang
Pencegahan Dan Penanggulangan Plagiat Di Perguruan Tinggi
Keputusan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor : 1/MUNASVII/MUI/5/2005 Tentang Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI)
Undang-undang Hak Cipta Nomor 19 Tahun 2002
https://unplag.com/blog/wp-content/uploads/2016/04/Checking-plagiarism--600x390.png

No comments:

Post a Comment

Bagi para pengunjung web ini, diharapkan untuk memberikan komentar, kritik atau saran demi semakin baiknya kualitas web yang dikelola admin. Jika ada yang berniat untuk mengkopi artikel harap menuliskan sumbernya, berupa URL artikel yang dicopy. Jika ada yang ingin artikelnya ditampilkan di web ini harap mengirimkan ke orangelifes@gmail.com.

Powered by Blogger.