Breaking News
recent

Khasiat Madu

Madu sering digunakan masyarakat sebagai campuran minuman, obat dan sebagai campuran jamu. Ia disukai masyarakat karena rasanya yang manis dan enak. Madu mempunyai manfaat yang banyak sehingga diabadikan di dalam Al-Qur’an. Alloh berfirman,

ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلاً يَخْرُجُ مِن بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاء لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Artinya “Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia, sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan” (QS. An-Nahl/16 : 69).

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنَّ أَخِي اسْتَطْلَقَ بَطْنُهُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْقِهِ عَسَلًا فَسَقَاهُ ثُمَّ جَاءَهُ فَقَالَ إِنِّي سَقَيْتُهُ عَسَلًا فَلَمْ يَزِدْهُ إِلَّا اسْتِطْلَاقًا فَقَالَ لَهُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ جَاءَ الرَّابِعَةَ فَقَالَ اسْقِهِ عَسَلًا فَقَالَ لَقَدْ سَقَيْتُهُ فَلَمْ يَزِدْهُ إِلَّا اسْتِطْلَاقًا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَدَقَ اللَّهُ وَكَذَبَ بَطْنُ أَخِيكَ فَسَقَاهُ فَبَرَأَ
Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallohu 'anhu mengatakan bahwa ada seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallohu ‘alaihi wa salam bersabda, lalu dia mengatakan, “Saudara laki-lakiku sakit perut dengan sering berak,” Rosulullah bersabda, “Suruh dia minum madu !” tersebut kemudian memberi saudaranya minuman madu, lalu datang lagi kepada Rosulullah, kata dia “Saya telah memberinya madu, tetapi dia semakin sering berak” Rosulullah bersabda kepadanya sampai tiga kali, ketika laki-laki itu datang keempat kalinya, Rosulullah bersabda, “Suruh dia minum madu !”Kata laki-laki itu, ”Saya telah meminuminya madu, tetapi malah dia semakin sering berak” Rosulullah bersabda, “Allah Maha Benar, tetapi perut saudaramu yang dusta.”Kemudian Rosulullah meminumkan madu kepada si penderita tersebut lalu dia sembuh.” (HR. Muslim).
Dalam sebuah penelitian dilaporkan bahwa madu bermanfaat untuk mengobati penyakit stress. Bahkan madu digunakan sebagai pencegah kehamilan. Dalam The Life of a Black Cuban Woman in the Twentieth Century, Maria de Los Reyes Castilo Bueno mengungkap rahasia kontrasepsinya – setetes madu di dalam vagina untuk mencegah spermatozoa berenang dan membuahi sel telur rahim.
Dr. Henzter (berkebangsaan Jerman), kepala rumah sakit ASY mencoba memberikan beberapa teguk mineral yang mengandung unsur Magnesium pada 30 orang pasien yang berusia antara 30-90 tahun. Dan hasilnya sungguh menakjubkan, kekuatan ototnya bertambah, keceriaan dan harapan mereka meningkat dan semangat otaknya semakin bertambah.
Beberapa ilmuwan Uni Soviet mengatakan bahwa madu lebah sangat manjur untuk mengobati keasaman pada lambung, pendarahan, sembelit, muntah-muntah, luka pada lambung dan usus dua belas jari. penelitian yang dilakukan Sakhith, seorang ahli bakteri, ia menanamkan kuman-kuman dari berbagai macam penyakit pada beberapa sarang madu murni. Setelah beberapa saat kuman-kuman yang ditanam tersebut mati dan sebagian besar mati dalam waktu paling lama 4 hari. Kuman tifus mati setelah 48 jam, kuman radang paru-paru mati pada hari keempat sejak mengkonsumsi madu, dan semua kuman disentri seukuran baksil (bakteri) mati setelah 10 hari.
Madu mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga dan meningkatkan stamina. Beberapa penelitian ilmiah menyatakan bahwa madu termasuk salah satu makanan sehat yang alami (natural health food). Dr. Muhilal, kepala Puslitbang Depkes RI di Bogor menyatakan bahwa madu disebut sebagai natural health food beberapa sebab :
1.         Madu menyimpan berbagai zat gizi, seperti asam amino, protein, vitamin, karbohidrat dan mineral yang mudah diserap oleh sel-sel dan jaringan tubuh.
2.         Asam amino yang terkandung dalam madu dapat membantu menyembuhkan penyakit dan sebagai bahan dasar pembentukan neutransmitter, yaitu suatu senyawa yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja fungsi dan tugas otak.
3.         Madu mengandung zat antibiotik yang berfungsi untuk melawan dan membunuh serangan kuman patogen yang menyebabkan penyakit infeksi.
4.         Manisnya madu tidak begitu berbahaya, seperti manisnya gula biasa. Dilaporkan bahwa fruktosa(unsur gula madu yang utama) tidak meningkatkan kadar gula dalam darah terlalu tinggi untuk konsumennya yang sehat. Sedangkan bagi penderita diabetes harus hati-hati, karena madu mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi. Madu juga mengandung unsur sedatif yang bersifat menenangkan otak. Kandung bee polenyang tersimpan dalam madu memegang peranan dalam aktivitas seksual, yaitu meningkatkan stamina.
Menurut para ahli, jumlah optimal madu yang dikonsumsi bagi orang dewasa adalah 100-200 gram per hari, dengan dosis 30-60 gram untuk pagi, 40-80 gram pada siang hari dan sore sebanyak 30-60 gram. Sebaiknya madu dikonsumsi 2 jam sebelum atau 3 jam setelah makan.

Sumber Pustaka:
Ahmad Zaki. Tanpa Tahun. Fikih Seksual. Tanpa Kota : Jawara
M. Nashirudin Al-Albani. 2005. Ringkasan Shahih Muslim. Jakarta : Gema Insani Press
http://infoperawat.com/wp-content/uploads/2014/12/manfaat-madu-infoperawat.jpg

No comments:

Post a Comment

Bagi para pengunjung web ini, diharapkan untuk memberikan komentar, kritik atau saran demi semakin baiknya kualitas web yang dikelola admin. Jika ada yang berniat untuk mengkopi artikel harap menuliskan sumbernya, berupa URL artikel yang dicopy. Jika ada yang ingin artikelnya ditampilkan di web ini harap mengirimkan ke orangelifes@gmail.com.

Powered by Blogger.