Breaking News
recent

Kotak Saran Penjual Jasa

Setiap pengusaha menginginkan perusahaannya menjadi perusahaan yang maju dan dapat bertahan dalam persaingan global yang semakin ketat. Ada banyak cara yang dipakai sebuah perusahaan agar usahanya terus berkembang, mulai dari menyewa konsultan, memilih SDM yang bermutu hingga menyediakan kotak saran atau customer care.

Pentingnya kritik dan saran
Kritik adalah sebuah solusi untuk mengetahui segala kekurangan yang ada dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya kritik, perusahaan mampu meminimalisir kekurangan yang dimilikinya. Dan dengan begitu perusahaannya dapat berkembang menjadi lebih baik.

Bagi sebagian orang kritik mungkin terasa sangat pedas, mengganggu kenyamanan pemilik perusahaan. Tapi jangan salah, kritik dari pengunjung harus kita tampung dan dicarikan solusinya. Mustahil dapat maju jika kita tidak mau merubah kekurangan yang ada dalam sebuah perusahaan, terutama perusahaan yang menjual jasa.

Kritik adalah evaluasi hasil kerja perusahaan yang dilakukan oleh konsumen. Semakin kita terbuka, maka semakin bagus. Banyak swalayan besar yang menyediakan kotak kritik dan saran agar mereka dapat berkembang.

Kotak saran atau nomor HP
Kotak saran dapat kita temui dibeberapa perusahaan. Biasanya perusahaan sudah menyediakan kotak saran, kertas dan pena untuk mempermudah penyaluran aspirasi pengunjung. Dan dalam jangka waktu tertentu biasanya akan dibuka oleh pihak yang punya wewenang untuk membukanya.

Kotak saran atau nomor customer care ? Bagi penulis, cara yang lebih efektif terkait kritik dan saran adalah dengan menggunakan nomor untuk customer care. Mengapa demikian ? di dunia yang serba canggih ini, tidak semua konsumen mau dibuat ribet dengan menulis kritik dan saran untuk perusahaan, terlebih jika sedang tergesa-gesa. Bahkan pengalaman penulis, banyak konsumen enggan menulis kritik atau menyampaikan kritiknya kepada perusahaan, mereka lebih cenderung menyampaikan kritiknya kepada karyawan yang ada di dekatnya. Hanya sedikit konsumen yang mau menyampaikan kritik kepada atasan. Oleh karena itu, penulis lebih menganjurkan untuk menggunakan nomor seluler untuk mempermudah konsumen.

Lantas, siapa yang mendapat wewenang untuk meng-handle customer care ?  Baik kotak kritik dan saran maupun nomor costumer care, penulis lebih menganjurkan untuk pimpinan sendiri yang memegangnya. Jangan serahkan tanggung jawab ini kepada bawahan anda. Tidak semua bawahan obyektif dan mau menyampaikan kritik atau saran dari konsumen. Kadang mereka melakukan seleksi terlebih dahulu, dan jika kritik tersebut berhubungan diirnya, maka ia akan membuang kritik tersebut dan kadang ada juga yang saling menutupi kesalahan antar bagian agar tetap aman dan tidak terlihat ada masalah. Kasus seperti ini berbahaya bagi perusahaan dan dapat menghambat kemajuan. Oleh karena itu, nomor layanan customer care harus dipegang sendiri oleh pimpinan perusahaan.

Bagi pemimpin mungkin ini dianggap ribet, tapi demi kemajuan perusahaan kita harus berani mengambil resiko. Jika tidak justru pihak perusahaan dirugikan oleh karyawan yang menutupi kesalahannya.

Referensi :
https://www.formilla.com/blog/wp-content/uploads/2017/01/blog2-banner-11-skills-770x470.jpg

No comments:

Post a Comment

Bagi para pengunjung web ini, diharapkan untuk memberikan komentar, kritik atau saran demi semakin baiknya kualitas web yang dikelola admin. Jika ada yang berniat untuk mengkopi artikel harap menuliskan sumbernya, berupa URL artikel yang dicopy. Jika ada yang ingin artikelnya ditampilkan di web ini harap mengirimkan ke orangelifes@gmail.com.

Powered by Blogger.